Daftar Barang-barang yang ‘Haram’ Disimpan di Bawah Bagasi Jok Motor

momotor.id - Bagasi jok merupakan kompartemen favorit bagi pengendara motor lantaran bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang bawaan. Meski begitu, ada beberapa jenis barang yang sebaiknya tak disimpan di bagasi jok motor.

Ada sejumlah alasan mengapa barang-barang di bawah ini sebaiknya tak disimpan di bagasi jok. Mulai dari efek yang bisa berakibat negatif pada barang itu sendiri, hingga potensi bahaya bagi pengendara motor jika menyimpan barang tersebut di bawah jok motor. Lalu, apa saja daftar barang tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Botol parfum

Parfum termasuk benda berbahaya bila dimasukkan ke dalam jok motor. Hal ini karena parfum termasuk benda yang mudah menguap, dan bisa memicu bensin yang ada di motor untuk memercikkan api.

Peralatan make up

Peralatan make up seperti eye shadow, compact powder, sun scream, dan sebagainya sebaiknya jangan disimpan di dalam jok motor. Suhu panas di bagasi jok bisa membuat make up meleleh dan bisa luber ke dalam mesin dan menyebabkan kerak jika tak ditempatkan dalam pouch. Tak hanya itu, kandungan kimia dalam make up bisa merusak motor jika tidak sengaja masuk ke dalam mesin.

Barang elektronik

Apapun barang elektronik seperti smartphone, powerbank, laptop sangat tidak direkomendasikan masuk ke dalam jok motor. Hal ini karena suhu panas dalam jok motor dikhawatirkan bisa memicu ledakan. Hal ini terjadi karena jok motor letaknya berdekatan dengan mesin motor dan bisa menghasilkan suhu panas dan berpotensi menimbulkan ledakan.

Baca juga: Perlukah Mencopot Aki Jika Motor Jarang Digunakan? Sebaiknya Sih…

Sayur mayur dan buah

Jika motor dalam kondisi menyala, suhu bagasi bisa mencapai lebih dari 36 derajat celcius. Nah, suhu panas dalam bagasi jok ini tak bagus untuk bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan sebagainya karena bisa menurunkan kualitas makanan tersebut.

Jas hujan basah

Jas hujan yang masih basah sebaiknya jangan terlalu lama disimpan di dalam jok sepeda motor, terutama bagi yang berbahan dasar polyster. Karena itu akan membuat kualitas jas hujan menurun.

Bagasi Jok Motor Bagasi Motor Botol Parfum Info Otomotif jok motor

Rekomendasi Motor Bekas