Apa Itu Rangka eSAF Honda yang Dituding Gampang Karatan dan Mudah Patah?

momotor.id - Motor matic Honda yang menggunakan rangka eSAF belakangan ini menjadi sorotan usai beredarnya video yang memperlihatkan beberapa modelnya mengalami karatan hingga patah rangka.

Video pertama diunggah pada akun Instagram @infodepok_id yang memperlihatkan motor Honda BeAT mengalami patah pada bagian tengah kendaraan.

Pengendara yang sedang berboncengan itu merasa bingung dan mengaku tak tahu penyebab motornya bisa seperti itu. Motor yang ditunggainya terlihat patah sehingga bagian tengah dashbor menekuk ke bawah.

Kemudian video kedua diunggah akun Twitter (kini X) @hiburandisosmed yang memperlihatkan seseorang membongkar Honda Vario yang mengaku dibelinya pada 22 Juli 2023.

Tak sampai sebulan atau pada 13 Agustus 2023, motor ini dibongkar dan memperlihatkan penampakan rangka eSAF yang terdapat titik karat. Pembuat video mengaku heran sebab belum sekalipun dia mengendarai motornya ketika cuaca hujan.

Masalah karat ini yang kemudian menimbulkan spekulasi netizen sebagai awal mula motor Honda dengan rangka eSAF bermasalah hingga mengalami patah.

Pihak Astra Honda Motor (AHM) sudah memberikan tanggapan terkait viralnya video mengenai beberapa model motor maticnya yang disebut bermasalah pada bagian rangka.

"Untuk kasus yang sudah masuk ke kami, investigasi sedang dilakukan," kata Direktur Pemasaran AHM, Octavianus Dwi Putro.

Octavianus menyatakan pihaknya akan melakukan penanganan sebaik mungkin dengan mengutamakan keselamatan, menjamin kualitas, serta memastikan customer satisfaction. "Untuk perkembangannya akan diinfo kemudian ya," jelasnya.

Sebelumnya, Octavianus juga menyatakan hal ini perlu dilihat kasus per kasus. Sebab, tak semua konsumen Honda mengeluhkan hal yang sama.

"Kita melihatnya mesti case by case ya. Itu case-nya dilaporkan saja, nanti kita akan dalamin lebih lanjut. Karena sejauh ini tidak ada keluhan yang berarti mengenai hal itu dari konsumen-konsumen yang lain. Jadi mungkin mesti dilihat case by case-nya," kata Octavianus.

Menurutnya, beberapa kasus perlu diinvestigasi lebih lanjut. Apakah karena pemakaian, atau karena dekat pantai.

"Tergantung case-nya. Kalau case-nya kesalahan pemakaian, ya kita akan bantu next-nya jangan kejadian. Kemudian sparepart-nya kita akan bantu. Beberapa perlu ada investigasi lebih lanjut, kaitannya sama QC (pengecekan kualitas), kita akan tangani. Jadi tergantung kasusnya. Kalau misalkan mengenai frame patah sementara pas dilihat karena pemakaian, karena dekat pantai atau laut, nah itu banyak case-nya. Makanya saya nggak bisa ngomong, case by case saja," paparnya.

Lalu, apa itu rangka eSAF?

Rangka eSAF pertama kali diterapkan pada model Honda Genio pada tahun 2019. Rangka ini kemudian digunakan pada model skutik Honda lainnya.

Nama eSAF sendiri merupakan singkatan dari enhanced Smart Architecture Frame atau rangka arsitektur cerdas yang disempurnakan. Teknologi dan metode pembuatan rangka ini diklaim berbeda dengan rangka motor jenis lainnya.

Rangka eSAF menggunakan lembaran pelat baja yang kemudian di-press dan dilas. Berbeda dengan rangka motor lainnya yang menggunakan pipa yang dipotong.

Untuk penyatuan beberapa pelat baja yang di-press tadi, pengelasannya juga berbeda. Proses penyatuannya menggunakan alat las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi.

Setidaknya ada enam bagian sisi frame yang disatukan menjadi rangka. Pengelasannya menggunakan laser wielding sehingga hasil laser welding ini secara kualitas diklaim akan lebih baik, tidak mempengaruhi komposisi frame bodynya. Deformasi hampir tidak ada.

Baca juga: Harganya di Luar Nurul! Simak Spek Lengkap Vespa Elettrica yang Resmi Rilis di Indonesia

AHM mengklaim rangka eSAF lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya. Hal ini membuat pengendaraan lebih nyaman dan mudah ketika bermanuver. Karena lebih ringan, konsumsi bahan bakar juga lebih irit. Meski lebih ringan, Honda menyebut eSAF memiliki daya tahan yang lebih baik karena menggunakan bahan baja.

Metode pembuatan rangka eSAF dikembangkan sendiri oleh orang Indonesia berdasarkan penyesuaian pasar dan kebutuhan. Material dan metode ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Landasannya adalah hasil rangka menjadi lebih ringan 4 kilogram jika dibandingkan dengan rangka lama.

AHM Honda Honda Beat honda vario rangka eSAF

Rekomendasi Motor Bekas