Mengenal Apa Itu Highside, Kondisi yang Bikin Pengendara Motor Terpental saat Menikung

momotor.id - Apa itu Highside yang bisa menyebabkan pengendara motor terpental saat menikung? Berikut penjelasan selengkapnya.

Pecinta otomotif mungkin pernah menonton balapan MotoGP yang memperlihatkan momen ketika seorang pebalap kehilangan kendali saat menikung.

Sebelum hilangnya kendali, pebalap ini tampak masih bisa mengendalikan motornya. Namun tiba-tiba saja, motor jadi tak bisa dikendalikan hingga menyebabkan crash.

Kejadian serupa juga terekam dalam video yang diunggah akun TikTok @denicahyadi135 belum lama ini. Pengendara yang merekam momen perjalannya menggunakan motor ini terlihat mengalami kecelakaan saat menikung.

Sebelumnya, pengendara ini tampak masih mamp menguasai baik sebelum masuk tikungan dan sesaat setelah menikung. Namun tiba-tiba saja, motor bebek yang dikendarainya kehilangan kendali hingga membuatnya langsung terjatuh.

Pengendara tersebut boleh dibilang mengalami situasi yang disebut highside crash. Penyebabnya karena kehilangan kendali pada roda belakang saat menikung.

Hal ini bisa terjadi karena rem belakang yang terkunci atau karena ban yang kehilangan traksi saat berakselerasi. Pemicunya bisa karena pengereman yang salah atau ban yang memang kehilangan daya cengkram.

Ketika terjadi highside, roda belakang biasanya tidak berada pada satu garis lurus dengan roda depan, melainkan berlawanan ke sisi yang lain. Kondisi ini yang akhirnya membuat pengendara terpental.

Guna mencegah terjadinya highside saat menikung, pengendara sebaiknya mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan. Dan yang terpenting, tak melakukan engine break secara tiba-tiba saat di tikungan karena sangat berisiko.

Baca juga: Beda Speedometer Analog dan Digital Pada Motor, Bukan Soal Sudah Pakai Layar LCD atau Belum

Pada motor kopling dan motor bebek, jangan menurunkan gigi secara mendadak saat sedang menikung di tikungan. Selain itu, penggunaan rem juga perlu diperhatikan. Penggunaan rem belakang harus lebih dominan ketimbang rem depan.

Nah, itu tadi penjelasan apa itu highside yang bisa terjadi pada motor saat sedang menikung. Utamakan keselamatan saat berkendara ya sobat momo!

highside menikung Motor tikungan

Rekomendasi Motor Bekas