Motor dengan Engkol Bisa Hidup Tanpa Aki, Tapi Dampak Negatifnya Bikin Sengsara Pas Berkendara

momotor.id - Beberapa model sepeda motor masih ada yang dilengkapi dengan kick starter alias engkol. Motor dengan kick starter atau engkol ini bisa menghidupkan mesin meski tak memasang aki sebagai sumber kelistrikannya.

Seperti diketahui, aki menjadi sumber kelistrikan utama pada motor. Aki menjadi sumber tenaga untuk menggunakan electric starter, menghidupkan lampu utama dan lampu sein, hingga membunyikan klakson.

Pada motor dengan engkol, mesin masih bisa dihidupkan meski tanpa aki karena tak bergantung pada electric starter. Meski mesin masih bisa hidup, ada dampak negatif lain jika motor sengaja dibiarkan tanpa aki.

Dampak pertama yang langsung terasa adalah menghidupkan motor menjadi tidak praktis karena harus mengengkol kick starter. Pada motor matic, pengendara bahkan harus memarkirkan motornya dulu dengan standar tengah agar bisa diengkol ketika menghidupkan mesin.

Cara ini tentu lebih ribet dibanding menggunakan electric starter yang tinggal pencet tombol untuk menghidupkan mesin. Selain itu, masih ada sejumlah dampak negatif lainnya motor tanpa aki. Berikut penjelasan selengkapnya.

Lampu motor meredup

Jika mesin dalam kondisi idle atau langsam, maka RPM (rotasi per menit) mesin hanya sekitar 1.000 RPM saja yang berarti spul hanya bisa menghasilkan listrik secara terbatas. Yang akhirnya tak kuat untuk melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian sampai dengan penerangan. Inilah yang membuat lampu motor menjadi redup.

Lampu sein error

Mungkin pengendara motor pernah melihat lampu sein yang tidak bisa berkedip atau sekalinya berkedip akan sangat cepat. Banyak yang merasa bahwa hal tersebut karena ada masalah pada lampu seinnya.

Padahal masalah tersebut diakibatkan tegangan listrik yang kurang sehingga flasher tidak bisa bekerja dengan maksimal. Flasher bertugas mengedipkan lampu sein.

Baca juga: Mungkinkah Honda BeAT Dapat Fitur Keyless Seperti Scoopy? Bos AHM: Tunggu Saja

Karena RPM pada mesin terlalu rendah, tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul juga ikut rendah. Hal ini bisa diantisipasi dengan adanya aki pada motor. Tetapi jika tidak ada aki, maka lampu sein juga tidak bisa berfungsi dengan baik seperti berkedip dengan cepat dan akan menyala terus menerus. Tentunya lampu sein yang error ini akan sangat membahayakan keselamatan dalam berkendara.

Perangkat kelistrikan cepat rusak

Perangkat kelistrikan menjadi cepat rusak karena arus besar yang bisa dihasilkan dari spul akan berdampak negatif pada motor. Seperti lampu yang lebih cepat mati karena adanya arus yang besar.

aki engkol Kick Starter Motor

Rekomendasi Motor Bekas