Honda PCX 150 Gak Punya Indikator Aki, Gimana Caranya Supaya Tak Terlewat Sampai Tekor?

momotor.id - Tak seperti Honda PCX 160 yang telah dilengkapi indikator aki, Honda PCX 150 belum dibekali fitur tersebut. Tak punya indikator aki, Honda PCX 150 juga tidak dibekali engkol untuk menghidupkan mesin secara manual.

Hal ini tentu menjadi masalah bagi pengguna Honda PCX 150. Pemilik PCX 150 tak bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan akinya. Jika sampai tak bisa distarter elektrik, Honda PCX 150 juga tak bisa dihidupkan secara manual karena tak dilengkapi engkol kaki.

Itu sebabnya, pemilik Honda PCX 150 rakitan 2017 atau sebelum PCX 160 perlu mengetahui bahwa rata-rata pemakaian aki normal paling cepat usianya satu tahun. Bagi pemilik PCX 150 yang sudah menggunakan motornya lebih dari dua tahun, maka perlu waspada dan sebaiknya mengecek kondisi aki sebelum benar-benar soak.

Selain itu, aki yang mulai lemah di PCX 150 biasanya juga bisa dirasakan oleh pemilik motor ketika menggunakan tunggangannya tersebut. Misalnya, menghidupkan mesin dengan tombol electric starter sudah tak semudah biasanya.

Bila sudah mulai sulit menghidupkan mesin dengan tombol electric starter, maka sebaiknya PCX 150 ini segera dibawa ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

Ciri lain aki yang mulai lemah di Honda PCX 150 yakni indikator ISS di instrument cluster yang hanya menyala sebentar lalu mati. Normalnya, lampi indikator ini akan menyala hijau dan berkedip saat sedang aktif.

Bila tak merasa yakin bisa menyadari ciri-ciri akin mulai lemah, pemilik Honda PCX 150 bisa melakukan modifikasi dengan memasang voltmeter.

Baca juga: Daftar Kode Kedipan MIL di Motor Honda, Bisa Ketahuan Letak Masalahnya

Adapun untuk spesifikasinya, Honda PCX 150 masih menggendong mesin 4 langkah SOHC berpendingin cairan dengan teknologi eSP. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 10,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,2 Nm pada 6.500 rpm.

Honda PCX 150 juga tersedia dalam dua varian yakni varian CBS dan ABS. Varian CBS memiliki bobot 131 kg, sementara varian ABS berbobot 132 kg.

aki engkol Honda PCX 150 indikator aki

Rekomendasi Motor Bekas