Aki Baru Tapi Motor Masih Sulit Distarter, Deretan Komponen Ini Perlu Diperiksa

momotor.id - Sudah ganti aki baru, tapi motor masih sulit distarter. Apa penyebabnya? Pemilik motor mungkin perlu mengecek beberapa komponen berikut.

Aki dalam kondisi baru seharusnya memiliki daya yang cukup untuk menghidupkan mesin. Namun bila motor masih sulit distarter, tentu ini bakal membuat pemiliknya bingung.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya. Motor sulit distarter meski sudah menggunakan aki baru bisa terjadi karena beberapa sebab. Berikut penjelasan selengkapnya mengapa motor masih susah dihidupkan meski sudah ganti aki anyar.

Korslet/kabel longgar

Salah satu penyebab utama motor sulit distarter adalah adanya korsleting atau kabel yang longgar pada sistem listrik. Kabel yang tidak terhubung dengan baik atau korsleting dapat mengakibatkan kehilangan daya listrik dan membuat kinerja starter tak efisien.

Periksa kabel-kabel di sekitar aki dan starter untuk memastikan semuanya terhubung dengan baik. Sebab jika masalahnya ternyata pada kelistrikan, tidak perlu melakukan penggantian aki. Cukup mengganti kabel yang bermasalah.

Kontak starter aus

Kontak starter bisa aus karena timbul kerak atau kotoran dari air yang masuk ke dalamnya. Mesin jadi tidak bisa menyala jika tidak ada aliran listrik yang terhubung dari starter ini.

Membersihkan atau mengganti kontak starter yang buruk dapat membantu memulihkan fungsi normal starter.

Dinamo starter bermasalah

Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk memutar gigi flywheel sehingga mesin dapat menyala.

Penyebab kerusakannya bisa jadi karena arang kumparan gosong atau bahkan terputus. Namun biasanya, kerusakan ini bisa ditandai dengan adanya korslet. Kemudian posisi brush akhirnya salah sehingga motor juga susah dihidupkan.

Busi kotor atau melemah

Busi yang kotor atau sudah melemah bisa membuat sistem pengapian bermasalah. Ini juga yang membuat motor tak bisa menyala saat distarter meski menggunakan aki baru.

Api yang dihasilkan oleh busi tidak cukup kuat untuk menyulut campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Permasalahan ini biasanya muncul pada bagian kepala dan elektrodanya. Selain kotor, bisa saja busi dalam keadaan sudah aus.

Sistem injeksi tersumbat

Pada motor injeksi, masalah pada sistem injeksi seperti penyumbatan atau sensor yang rusak dapat membuat motor sulit distarter. Sistem injeksi yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara yang tidak sesuai sehingga menyulitkan proses pembakaran.

Bendik bermasalah

Bendik adalah gigi kecil yang dapat menghubungkan roda gila (flywheel) dengan gigi motor starter. Fungsinya untuk mentransmisikan putaran dari motor starter ke roda gila mesin untuk menghidupkan mesin.

Jika bendik mengalami masalah, motor jadi susah distarter. Ini karena gigi bendik tidak dapat sepenuhnya terhubung dengan roda gila mesin, atau mungkin ada gesekan atau keausan yang menghambat gerakan gigi.

Masalah pada switch rem

Beberapa model motor kekinian ada yang memiliki fitur side stand switch. Sistem pengaman ini berfungsi menghentikan mesin bila pengendara menurunkan standar samping.

Saat itu terjadi, switch rem dapat memutuskan arus listrik. Sehingga motor pun tidak bisa distarter atau dihidupkan. Sayangnya pengaman ini jadi hal buruk jika terhambat kotoran.

Bila motor susah dihidupkan, bisa jadi komponen ini perlu diperiksa untuk memastikan penyebabnya.

Baca juga: Tips Membedakan Mesin Motor Seken yang Masih Sehat atau Sudah ‘Batuk-batuk’

Adapun selain penyebab di atas, masih ada faktor lain yang bisa membuat motor sulit dihidupkan menggunakan starter. Misalnya karena sekring terputus atau adanya kebocoran pada kompresi.

aki baru Aki Motor ganti aki motor Starter Motor

Rekomendasi Motor Bekas