momotor.id - Bagi penggemar skutik yang ingin tampil lebih adventure, saat ini ada tiga motor matic yang memiliki desain stang telanjang. Tiga skutik dengan tampilan stang ala motor trail itu yakni Honda BeAT Street, Yamaha X-Ride, dan Suzuki Nex Crossover.
Ada beberapa alasan mengapa seseorang memiliki skutik untuk kebutuhan transportasinya sehari-hari. Desain yang kompak membuatnya mudah bermanuver menembus kemacetan lalu-lintas, dan rata-rata irit bahan bakar.
Beberapa pabrikan kemudian menawarkan desain stang ala motor trail pada salah satu model skutik mereka. Tampilan stang telanjang ini ada yang menjadi varian, dan ada juga yang menjadi model tunggal.
Misalnya pada Honda BeAT, BeAT Street menjadi varian dari model regulernya yang tampil seperti skutik biasa.
Atau Suzuki Nex Crossover yang menjadi varian dari model Nex II. Sedangkan Yamaha X-Ride merupakan model yang berdiri sendiri.
Bagi calon konsumen yang sedang mempertimbangkan membeli skutik stang telanjang, berikut perbandingan Honda BeAT Street, Yamaha X-Ride, dan Suzuki Nex Crossover.
Lampu
Yamaha X-Ride dan Honda BeAT Street sama-sama sudah menggunakan LED pada lampu depannya. Pada Yamaha X-Ride bahkan sudah menggunakan kombinasi DRL alias Daytime Running Light.
Sedangkan Suzuki Nex Crossover masih menggunakan bohlam biasa pada lampu depannya. Sementara untuklampu belakang dan sein, ketiga model ini sama-sama masih menggunakan bohlam.
Mesin
Honda BeAT Street menggendong mesin 110 cc. Mesin BeAT Street boleh dibilang yang paling kecil dibanding dua kompetitornya. Suzuki Nex Crossover sudah menggunakan mesin 113 cc, sementara Yamaha X-Ride dibekali mesin 125 cc.
Tampilan MID
Dari ketiga model skutik ini, Honda BeAT Street dan Suzuki Nex Crossover sama-sama sudah menggunakan speedometer digital. Tampilan multi information display (MID) pun sudah tidak analog, karena semua informasi disajikan dalam format digital.
Sedangkan Yamaha X-Ride, masih mengusung tampilan speedometer analog. Namun sudah disematkan indikator ECO sebagai penanda bila gaya berkendara dinilai irit bahan bakar.
Bagasi dan tangki bensin
Pada sisi ini, Honda BeAT Street lebih unggul dibanding dua kompetitornya. BeAT Street menawarkan ruang bagasi yang paling luas yakni 12 liter.
Sementara Yamaha X-Ride hanya 10,1 liter, dan Suzuki Nex Crossover jauh lebih minim lagi yakni hanya 4,8 liter.
Untuk kapasitas tangki bensin, Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride sama-sama dibekali tangki berkapasitas 4,2 liter. Sedangkan Suzuki Nex Crossover kapasitas tangkinya hanya 3,6 liter.
Akomodasi
Baik Honda BeAT Street maupun Suzuki Nex Crossover sama-sama menyediakan dua rak penyimpanan di bagian bawah stang. Kedua model ini juga menyediakan gantungan di bagian dek sehingga lebih mudah ketika membawa barang belanjaan.
Sedangkan Yamaha X-Ride tak menawarkan satu pun kompartemen penyimpanan di bagian bawah stang. Namun masih ada gantungan di bagian dek untuk memudahkan pengguna membawa barang.
Ban
Suzuki Nex Crossover menggunakan ban tubeless dengan pola dual purpose berukuran 80/90-14 untuk velg 1,60 inci di bagian depan dan ukuran 90/90-14 untuk velg 1,85 inci di bagian belakang.
Yamaha X-Ride mengusung ban tubeless 80/80-14MC 43P di bagian depan dan ukuran 100/70-14MC 51P di bagian belakang.
Sementara Honda BeAT Street menggunakan ban tubeless 80/90-14 M/C di bagian depan dan ban tubeless ukuran 90/90-14 M/C di bagian belakang.
Ketiga model ini dibekali pengereman cakram di roda depan, sedangkan roda belakangnya sama-sama masih menggunakan tromol.
Fitur
Mulai dari Honda BeAT Street, skutik ini dilengkapi fitur andalah pabrikan sayap kepak yakni Combi Brake System (CBS) yang menggabungkan rem depan dan rem belakang hanya dengan menarik tuas rem tangan sebelah kiri.
Dengan fitur CBS, hanya dengan menarik tuas rem sebelah kiri maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.
Kemudian ada fitur Side Stand Switch yang membuat mesin motor otomatis mati bila standar samping diturunkan atau tak bisa dihidupkan bila standar samping masih aktif.
Honda BeAT Street juga dilengkapi tuas pengunci rem di stang sebelah kanan yang membuat pengguna tak perlu menahan tuas rem saat sedang berhenti di tanjakan atau menunggu lampu merah.
Bergeser ke Yamaha X-Ride, skutik ini dibekali fitur Answer Back System yang akan membuat motor berbunyi bila tombol remotenya ditekan. Fungsinya untuk menemukan motor bila seandainya lupa lokasi parkirnya.
Fitur lainnya, Yamaha X-Ride telah dibekali lampu hazard bila menghadapi situasi darurat, serta menggunakan Sub-Tank suspension pada shockbreaker bagian belakang yang diklaim membuat motor lebih nyaman dikendarai saat melintasi berbagai kondisi jalan.
Sedangkan Suzuki Nex Crossover, punya fitur Easy Start System yang membuat pengguna cukup sekali menekan tombol starter untuk menyalakan motor. Hal menarik lainnya yang ditemukan pada Suzuki Nex Crossover adalah permainan warna yang disematkan.
Bagian kaliper rem depan dan shockbreaker belakang dilapisi warna merah yang membuat tampilannya terkesan lebih adventure dan maskulin.
Harga
Per Januari 2024, Suzuki Nex Crossover dibanderol Rp20.600.000. Yamaha X-Ride 125 dihargai Rp19.960.000, dan Honda BeAT Street dibanderol Rp18.700.000. Semua harga tersebut adalah harga OTR DKI Jakarta.