Ternyata Ini 8 Penyebab Mesin Motor Cepat Panas, Simak Penjelasannya

momotor.id -  Motor yang baru keluar dari pabrik biasanya memiliki performa yang sangat tinggi, namun seiring berjalannya waktu dan penggunaan motor tersebut, sudah sewajarnya terjadi penurunan performa dari motor tersebut.

Hal ini sangat wajar dialami untuk orang yang memiliki kendaraan bermotor, tapi penurunan performa motor ini tidak selalu karena usia dari motor tersebut, tetapi bisa juga karena motor mengalami panas yang berlebihan atau overheat, hal ini bisa terjadi karena kita tidak merawat motor dengan baik.

Ketika performa dari motor sudah menurun menyebabkan motor menjadi loyo dan memberikan pengalaman berkendara yang berbeda, selain itu hal ini juga bisa menghambat aktivitas kita sehari-hari karena memperlambat mobilitas kita.

Fenomena mesin motor cepat panas ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, sehingga kita perlu memahami penyebab hal ini, namun sebelum kita membahas lebih jauh terkait mesin motor yang cepat panas, alangkah baiknya kita mengetahui lebih dahulu pengertian mengenai overheat. 

Overheat pada Mesin Motor

Keadaan mesin motor yang mengalami suhu panas berlebih daripada biasanya disebut sebagai overheat. Lalu hal ini biasanya terjadi pada kendaraan bermotor yang tidak mendapatkan perawatan yang rutin dan tepat sehingga menyebabkan mesin motor cepat mengalami panas. 

Walaupun setiap motor sudah memiliki sistem pendinginan untuk mesin. Seperti radiator ataupun pendingin udara yang bertujuan untuk meredam panas pada mesin. Overheat bisa saja tetap terjadi jika sistem tersebut tidak berjalan dengan baik.

Jika kita tetap menggunakan motor yang overheating hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya, seperti melengkungnya kepala silinder sehingga mesin melakukan pembayaran tidak sempurna.

Oleh karena itu sudah sebaiknya kita sebagai pengendara motor mengetahui ciri-ciri mesin motor yang mengalami overheat. Karena dengan mengetahui hal ini kita dapat meminimalisir peristiwa ini terjadi dan performa motor kita tidak menurun, berikut penjelasannya secara singkat.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah, Berikut Cara Membedakan Sparepart Motor Honda Asli dan Palsu

Ciri-Ciri Mesin Motor Overheat

Kendaraan bermotor yang mengalami overheat memiliki ciri-ciri tersendiri, sebaiknya ketika muncul ciri-ciri ini kita sudah melakukan servis agar tidak terjadi kerusakan yang lebih pada mesin motor. Oleh karena itu perlu kita ketahui ciri-ciri mesin motor yang overheat, berikut penjelasannya.

1. Mesin Tidak Memiliki Tenaga

Salah satu ciri-ciri motor yang mengalami overheat adalah ketika kita melakukan gas pada kendaraan maka tidak dapat berjalan, hal ini dikarenakan mesin motor seperti mengalami kemacetan dan tidak memiliki tenaga untuk berjalan.

Apabila kita tetap memaksakan untuk menggunakan motor ini maka dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin lainnya, dan kemungkinan terburuknya adalah motor tidak dapat dinyalakan kembali.

2. Knalpot Mengeluarkan Asap

Ciri-ciri selanjutnya adalah knalpot mengeluarkan asap ketika mesin motor dinyalakan, lalu asap knalpot tersebut memiliki bau yang kurang mengenakan seperti bau gosong. Sehingga apabila kendaraan bermotor anda mengalami hal tersebut sebaiknya tidak digunakan terlebih dahulu dan melakukan servis.

Penyebab Overheat pada Mesin Motor

Kondisi overheat atau suhu panas berlebih ini sangat berbahaya bagi mesin motor, khususnya untuk bagian sistem pendingin. Sudah sewajarnya kita sebagai pemilik kendaraan peduli akan hal ini, sehingga kita harus mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan overheat pada mesin motor.

Motor yang mengalami overheat tidak terjadi tanpa alasan yang logis dan jelas, pasti ada alasan dan penyebabnya mengapa mesin motor mengalami overheat. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, simak penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan Bahan Bakar yang Tidak Tepat

Menggunakan bahan bakar yang tidak tepati sesuai dengan kapasitas mesin motor dapat menyebabkan mesin motor cepat panas. Panasnya mesin motor ini mungkin bukan masalah yang besar apabila masih dalam kondisi yang wajar.

Namun alangkah lebih baiknya kita untuk meminimalisir hal ini dengan cara menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan sesuai dengan rekomendasi mesin motor.

Walaupun menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dapat memberikan tenaga yang tinggi juga, namun apabila hal tersebut tidak sesuai dengan motor yang kita gunakan dan menyebabkan mesin motor cepat panas maka tidak direkomendasikan.

2. Clearance Piston yang Terlalu Rapat

Terlau rapatnya clearance piston dapat menyebabkan overheat pada mesin motor. Karena peristiwa ini menyebabkan piston tidak dapat bergerak secara leluasa, sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jika kondisi seperti ini terus dipaksakan maka akan membuat kerusakan pada piston. Kemungkinan terburuk yang terjadi adalah piston tersebut jebol, lalu apabila mesin semakin panas, piston akan memuai dan menyebabkan kemacetan.

Baca Juga : Apasih Perbedaan Honda Beat eSP dan Beat FI, Simak Penjelasan Berikut

3. Tidak Mengganti Oli secara Teratur

Kondisi oli di dalam motor yang sudah tidak layak pakai dapat menyebabkan mesin motor menjadi cepat panas. Biasanya kita lupa mengganti oli motor secara berkala, hal ini yang menyebabkan kualitas oli dalam mesin oli menjadi tidak baik, sehingga menyebabkan kinerja mesin yang tidak maksimal.

Hal ini tidak lepas dari fungsi oli sebagai pelumas mesin ketika mesin bekerja, ketika mesin dihidupkan dan menghasilkan gesekan antar komponen mesin, oli memiliki peran untuk memperhalus gesekan tersebut dan menjaga suhu mesin ketika bergesekan.

Kita sudah mengetahui peran penting dari oli pada mesin. Oleh karena itu kita harus mengganti oli secara rutin dan teratur agar kinerja mesin selalu optimal dan terhindar dari overheat. 

4. Menggunakan Oli yang Berkualitas

Penggunaan oli untuk kendaraan kita juga menjadi salah satu hal yang memengaruhi mesin motor menjadi cepat panas. Apabila kita menggunakan oli yang tidak berkualitas atau oli bekas maka akan menyebabkan kinerja mesin tidak optimal dan membuat mesin lebih cepat panas.

Sehingga kita harus menggunakan oli yang sudah teruji kualitasnya dan sudah direkomendasikan untuk motor yang kita gunakan, karena oli yang sudah direkomendasikan pastinya sudah sesuai dengan spesifikasi motor yang kita gunakan.

5. Sirkulasi Oli yang Bermasalah

Karena sudah kita ketahui oli memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga suhu mesin motor. Sehingga kita juga harus memerhatikan sirkulasi oli pada mesin motor kita. Apabila sirkulasi oli pada kendaraan kita tidak baik maka akan menyebabkan mesin motor cepat panas.

6. Masalah pada Sensor Suhu

Motor yang sudah menggunakan sistem pendingin radiator biasanya memiliki sensor suhu yang memiliki peran yang sangat penting terhadap suhu motor yang panas. Sensor ini biasanya disebut juga engine coolant temperature (ECT), sedangkan untuk motor yang menggunakan sistem pendingin kipas memakai sensor engine oil temperature (EOT).

Sensor ini memiliki tugas untuk memberikan informasi suhu mesin yang nantinya akan membuat engine control unit (ECU) bekerja. ECU bekerja dengan cara mengimformasikan pada lampu indikator, selain itu juga memiliki fungsi untuk menurunkan suhu panas pada mesin motor. Jika terjadi kerusakan pada ECU maka bisa saja menjadi penyebab mesin motor overheat. 

7. Banyaknya Kerak di Ruang Pembakaran

Ruang pembakaran pada mesin motor bisa menjadi salah satu penyebab mesin cepat panas dan mengeluarkan bau asap yang tidak sedap. Hal ini disebabkan apabila menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan yang rendah, karena memiliki resiko muncul kerak lebih cepat.

Penumpukan kerak di dalam ruang pembakaran ini menyebabkan tidak optimalnya pembakaran, sehingga menyebabkan mesin motor menjadi cepat panas karena meningkatnya kompresi.

8. Mesin Bekerja dalam Waktu Lama

Tentunya mesin yang menyalam dalam waktu lama dapat mengakibatkan mesin motor menjadi panas. Biasanya hal ini terjadi ketika kita melakukan perjalanan jauh atau terjebak macet. Oleh karena itu sebaiknya kita mengistirahatkan motor kiat beberapa waktu.

Baca Juga : Cara Menguras Oli Mesin Motor yang Tercampur Air

Berikut penjelasan secara singkat tentang hal-hal yang menyebabkan mesin motor panas, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan membantu anda untuk menjaga kendaraan bermotor kesayangan anda.

Info Otomotif Mesin Overheat Motor Motor Overheat Tips and Trick Tips Otomotif

Rekomendasi Motor Bekas