17 Istilah dalam Komunitas Motor, Bikers Sejati Wajib Tahu!

momotor.id - Dalam suatu aktivitas atau hobi pasti terdapat perkumpulan orang atau kelompok yang memiliki hobi yang sama, hal itu dapat disebut sebagai komunitas. Salah satu contoh komunitas adalah komunitas sepeda motor. 

Komunitas sepeda motor merupakan sekelompok orang yang memiliki minat dan kecintaan yang sama terhadap sepeda motor.

Salah satu contoh komunitas yang biasa kita temui seperti komunitas Yamaha Nmax, komunitas Honda Vario dan masih banyak lagi. 

Dibentuknya komunitas ini memiliki tujuan untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, hingga kegiatan seputar dunia otomotif. Selain itu kita juga dapat bertemu, berinteraksi dan menambah relasi.

Dengan menjadi anggota komunitas sepeda motor, kita dapat saling bertukar informasi mengenai pengalaman tentang perawatan sepeda motor, modifikasi, rute perjalanan hingga tips berkendara.

Sehingga kita dapat mengetahui lebih dalam mengenai sepeda motor yang kita gunakan. Selain itu juga ada beberapa istilah yang biasa digunakan dalam komunitas motor.

Baca Juga : 15 Barang yang Wajib Dibawa Sebelum Touring dengan Sepeda Motor

Dalam komunitas motor, terdapat beberap istilah yang sering digunakan. Istilah-istilah ini tidak hanya menjadi bagian dari bahasa sehari-hari dalam komunitas motor, melainkan juga menjadikan keunikan dan kekhasan dalam komunitas motor. Berikut beberapa istilah yang biasa digunakan dalam komunitas motor. Simak penjelasan berikut. 

Istilah dalam Komunitas Motor

1. Bikers

Istilah ini merujuk pada anggota komunitas sepeda motor yang aktif dan sering mengendarai sepeda motor. Biasanya bikers memiliki minat dan antusiasme yang tinggi terhadap dunia sepeda motor. 

2. Kopdar

Selanjutnya kopdar, yang merupakan singkata dari kata ‘Kopi Darat’. Pada umumnya istilah ini diartikan dengan makna kegiatan kumpul-kumpul sesama anggota club atau komunitas.

Biasanya kegiatan kopdar dilakukan rutin seminggu sekali, namun hal ini dapat tergantung kesepakatan anggota komunitas.

Kopdar biasanya diisi denagn kegiatan perkenalan anggota baru, diskusi, atau sekedar mengobrol membahas rencana kegiatan. 

3. Kopgab

Kopgab merupakan kegiatan seperti kopdar namun hanya saja dalam skala yang lebih besar. Kopgab merupakan akronim atau singkatan dari ‘Kopi Darat Gabungan’.

Biasanya kegiatan kopgab diharidi lebih daru satu komunitas.

Kopgab memiliki tujuan untuk bertemu dengan komunitas lain agar memperkuat hubungan antar komunitas. 

4. Jamnas

Istilah selanjutnya adalah Jamnas yang memiliki arti ‘Jambore Nasional’. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk pertemuan dalam skala besar, pesta besar atau perayaan besar.

Biasanya jamnas diikuti oleh komunitas motor dari berbagai daerah jadi skalanya lebih besar dibandingkan Kopdar dan Kopgab. 

Pada acaranya setiap komunitas mengirim perwakilan untuk mengikuti agenda Jamnas lalu saling berkenalan satu sama lain.

Jamnas sendiri biasanya dilakukan dalam skala nasional, yang biasanya memiliki beberapa chapter untuk beberapa wilayah.

Contohnya Harley-Davidson Club Indonesia yang memiliki chapter di Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, atau daerah lainnya. 

5. Sunmori

Kata-kata sunmori pasti sudah sering kita dengar, karena istilah ini sedang tren belakangan ini dikalangan bikers.

Sunmori sendiri merupakan singkatan dari ‘Sunday Morning Ride’, sesuai dengan namanya jadi setiap minggu pagi para bikers akan berkendara dengan sepeda motor mereka sambil menikmati udara segar di minggu pagi. 

6. Night Ride (NR)

Apabila diartikan kedalam Bahasa Indonesia, Night Ride memiliki arti berkendara di malam hari.

Jadi apabila Sunmori merupakan kegiatan berkendara pada minggu pagi maka Night Ride merupakan kegiatan berkendara dengan sepeda motor pada malam hari.

Biasanya bikers akan riding dengan motornya berkeliling melihat city light pada malam hari.

7. Rolling

Rolling merupakan sebuah kegiatan yang biasa dilakukan setelah acara Kopdar, Kopgab, atau Jamnas selesai.

Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mengelilingi atau strolling arround wilayah tertentu namun dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

8. Trackday

Sesuai dengan namanya, trackday merupakan sebuah kegiatan di mana para bikers memacu kendaraan mereka dengan kecepatan tinggi.

Kegiatan ini biasanya dilakukan di sirkuit-sirkuit lokal. Namun kegiatan ini tidak bisa disamakan dengan balapan karena kegiatan ini bertujuan untuk latihan dan senang-senang saja.

Baca Juga: Jangan Asal Jalan, Berikut Tips Persiapan Sebelum Touring dengan Sepeda Motor

9. Tourjib (Touring Wajib)

Tourjib atau singkatan dari ‘Touring Wajib’ merupakan sebuah kegiatan touring yang wajib diikuti oleh seluruh anggota komunitas motor apabila tidak berhalangan.

Kegiatan ini biasanya memiliki destinasi perjalanan yang bervariasi sesuai dengan hasil keputusan komnutias.

Biasanya Tourjib menjadi sebuah syarat untuk anggota mendapatkan beberapa atribut resmi dari club atau komnitas masing-masing.

10. Tourgab (Touring Gabungan)

Setelah Tourjib adajuga kegiatan yang bernama Tourgab yang merupakan singkatan dari ‘Touring Gabungan’.

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh beberapa komunitas untuk mengikuti kegiatan ini, namun tidak semua anggota komunitas wajib hadir untuk mengikuti kegiatan ini. 

11. Sowan

Sowan merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam komunitas sepeda motor. Kegiatan sowan merupakan sebuah kegiatan dimana komunitas motor mengunjungi komunitas motor yang lain. Biasanya kegiatan ini bertujuan untuk membangun silaturahmi antar komunitas. 

12. Anniversary

Selanjutnya ada istilah Anniversary yang merupakan kegiatan tahunan untuk memperingati ulang tahun dari komunitas motor itu sendiri.

Kegiatan ini biasanya sangat beragam, namun yang pasti kegiatan ini berkumpul bersama untuk merayakan hari jadi komunitas. 

13. Road Captain (RC)

Untuk yang sering melakukan touring pasti sudah tidak asing dengan istilah RC atau yang biasa disebut dengan Road Captain.

Road Captain atau RC merupakan bikers yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap keselamatan dan kelancaran selama touring.

Selain itu RC juga memiliki tanggung jawab mengurus administrasi mulai dari surat izin jalan kepolisian hingga menjadi petunjuk ke lokasi tujuan. 

14. Safety Officer (SO)

Selanjutnya ada istilah Safety Officer atau yang biasa disebut dengan SO. SO memiliki tugas untuk memastikan bahwa jalur yang digunakan selama touring merupakan jalur yang aman dan dapat dilewati.

Selama touring berlangsung SO akan berada di depan setelah RC dan akan berkoordinasi dengan Voorijder terkait kecepatan selama touring

15. Voorijder (VO)

Voorijder atau yang biasa dikenal dengan VO merupakan seseorang yang memiliki tugas sebagai pemimpin perjalanan selama touring, selain itu VO juga harus mengatur ritme keceptan semua anggota sehingga tidak saling mendahului.

Selanjutnya VO juga bertugas untuk memberikan sinyal seperti tanda tangan atau kaki yang selanjutnya akan disampaikan hingga anggota motor yang berada di paling belakang. 

16. Sweeper

Terakhir ada posisi Sweeper yang memiliki tugas untuk memastikan bahwa semua barisan rombongan touring rapi dan tidak tercecer selama touring berlangsung.

Biasanya sweeper ini terbagi menjadi dua kategori yang dibedakan berdasarkan tugasnya, yaitu sweeper tengah dan sweeper belakang.

Biasanya SW berada di kanan rombongan agar lebih mudah untuk mengatur barisan.

17. Tikum

Tikum merupakan singkatan dari Titik Kumpul, yaitu lokasi dimana para anggota komunitas berkumpul hendak untuk melakukan kegiatan selanjutnya seperti Sunmori, Night Ride, Rolling, maupun Touring. Setiap komunitas biasanya memiliki titik kumpul favorit mereka.

Baca Juga : Rekomendasi Motor Matik Untuk Perjalanan Jauh Versi Hemat, Pilih Mana?

Berikut ulasan mengenai beberapa istilah yang biasa digunakan dalam komunitas sepeda motor. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah informasi anda dalam dunia otomotif khsusunya sepeda motor. Kunjungi momotor.id untuk mendapatkan penawaran menarik mengenai trade in, motor baru, motor bekas, hingga electronic vehicle.

Info Otomotif Isitlah pada Bikers Komunitas Motor Tips Otomotif Touring Motor

Rekomendasi Motor Bekas